Sabtu, 09 Maret 2024

Ribuan Orang Saksikan Kirab Budaya Peringatan Naik Tahta Sultan HB X di Malioboro, Pengamanan Berjalan Lancar


Ratusan personel gabungan dari Polsek dan Polresta Yogyakarta dikerahkan untuk mengamankan kirab budaya peringatan naik tahta Sri Sultan Hamengku Buwono X di seputar Malioboro, Kamis (7/3/2024) sore. Pengamanan ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dharma, S.I.K, M.H.

 
Petugas terlihat bersiaga di berbagai titik lokasi kegiatan dan di sepanjang jalan Malioboro serta jalan lainnya. Pengaturan arus lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan akibat pengalihan arus.

 
Kirab budaya ini dimeriahkan oleh prajurit Kraton, penari, dan perwakilan dari 10 kalurahan budaya di DIY. Prajurit Kraton berjalan dengan gagah diikuti para penari yang menaiki kuda. Mereka dilepas langsung oleh KPH Notonegoro, Penghageng Kawedanan Kridhamardawa Kraton Yogyakarta dari atas podium.

 
Di belakangnya, secara berurutan, 10 kalurahan budaya di DIY unjuk kebolehan. Mereka mengenakan kostum kreatif dan memperagakan aksi menarik sepanjang jalan.

 
Total penari yang berpartisipasi ada 58 penari ditambah masyarakat dari desa budaya. Jadi ada lebih dari 30 orang tiap kelompok desa budaya. Ada juga pemain gamelan, musikan dan sebagainya.
 

Adapun sepuluh kalurahan budaya tersebut adalah Kalurahan Budaya Sidoluhur, Parangtritis, Jatimulyo, Terban, Ngeposari, Wonosari, Gedongkiwo, Tamanmartani, Tuksono dan Mulyodadi.

 
Kirab ini menarik perhatian banyak orang dan menjadi momen spesial bagi wisatawan yang kebetulan berada di Malioboro.

 
Seperti diketahui, 7 Maret diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas. Pada tahun 2024 ini, bertepatan dengan 35 tahun bertakhta, diadakan acara Tingalan Jumenengan Dalem (Peringatan Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas) yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti Pameran Temporer Abhimantrana (8/3/2024) dan Simposium Internasional Budaya Jawa (9-10/3/2024). (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top